Paradigma antara cuek, peduli dan sok peduli.


i-don-t-care

 

“A friend is someone who understands your past, believes in your future, and accepts you just the way you are.”

Annyeong… mengawali liburan kali ini, gue iseng-iseng bikin tulisan dari bahan diskusian gue sama temen gue beberapa waktu lalu.

Awalnya gue gak terlalu peduli, sampai suatu ketika temen gue nanya ke gue.

“Sya, ajarin gue dong biar bisa cuek kayak elu. Gue udah capek ngurusin orang lain.” And simply gue cuma ngakak. Gak heran kalo ada yang nanya hal semacam itu ke gue. Gue emang terkenal cuek dan dingin, (dan gue bangga gitu) hahaha.

Ada suatu kebanggaan tersendiri buat gue karena terlahir sebagai sosok independen dan individualistik. Pertama, karena lo gak harus repot-repot ngurusin atau terlibat dalam urusan orang lain yang gak penting. Kedua, karena kuping lo bakalan tetap aman dari bahan ‘gosipan’ temen-temen lo yang pada ngerumpiin hal-hal yang gak penting. Bagi gue, mereka sama aja, ngomongin orang lain padahal mereka sendiri gak mau di gosipin. Munafik, bukan? Dan gue simply cuman diem, masang headset, stel volume stereo, mojok. Gak perlu takut bakalan ketinggalan berita karena setidaknya kuping gue aman. Ketiga, lo gak perlu tampil jadi orang lain, pura-pura suka sesuatu hanya karena mereka suka tapi sebenernya lo gak suka, takut gak matching ama temen-temen ‘famous’ lo (Cuma ikut-ikutan biar kecipratan famous). Lo terkenal, bukan karena dengan siapa lo jalan, apa merek baju dan jam tangan lo, but simply.. because thats who you are. Lo gak perlu tampil sempurna, karena gak akan ada yang jelek-jelekin fashion lo. Lo gak perlu malu-malu dengerin lagu dangdut karena takut dikatain norak, gak perlu malu-malu pake kacamata kuda karena takut dikatain cupu, gak perlu takut-takut make lipstik merah merona karena takut dikatain jiplakan tante-tante girang, karena gak bakalan ada yang ngatain lo begitu, kalopun ada ya.. don’t give a shit. Haha.. Itu gunanya individualistik menurut gue.

Kalo lo bilang gue cueknya keterlaluan, sebenarnya enggak juga. Kadang rasa ‘empati’ gue terlalu tinggi dan gue suka susah ngendaliinnya. Gue gampang banget ‘mengandaikan’ diri gue itu orang lain. Dan jika keterusan, gue bisa melenggang dan melayang kemana-mana. Makannya simply ‘cuek’ gak salah juga toh. Hahahaha…

Tapi, seiring berjalannya waktu, gue mulai bimbang (ababil). Terlebih jabatan gue sebagai ketua kelas, mungkin menurut kalian itu hal yang biasa karena banyak dari kalian yang ikut organisasi semacam osis, MPK dan teman-temannya. Gue bukan aktivis sekolah, dari SMP gue gak pernah ikutan organisasi-organisasi semacam itu. Gue bukan orang yang mempergunakan hal-hal semacam itu untuk memperkuat eksistensi gue di mata orang lain. Simply, karena gue gak mau terlibat dalam urusan-urusan semacam itu. Dan mengemban tugas itu bikin gue keki abis. Gue gak ngerti mau ngapain, harus apa, dan bagaimana. Karena jujur, gue gak pernah peduliin hal-hal semacam itu. Dulu, gue cuma nurut apapun yang diperintahkan ketua kelas gue tanpa berminat mengetahui mengapa dia melakukan hal ini, dan itu. Gue bukan tipikal orang yang suka cari ribut. Asalkan dengan gue nurut dia bakalan diem ya gue turutin aja.

Dan di hari pertama, gue gak tahu apa tugas ketua kelas itu sebenarnya. Gue sampai ngepo kemana-mana, karena satu hal. Gue mau kesempurnaan, dan simply karena gue gak mau cari ribut karena ‘kekurangtahuan’ gue. Hahaha. Gue bingung, kalut dan hampir menyerah. Saat temen gue datang dan bilang. “Gue ngerti lo gak berpengalaman dalam hal-hal beginan, tapi semua orang mempercayai elu, gue yakin elo orangnya sangat bertanggung jawab dan lo harus buktikan itu.”

Gue, mikir sejenak. “Tapi ini bukan gue, bukan dunia gue. Gue gak pernah mengejar hal-hal semacam ini, yang gue butuhkan cuma ketenangan, kedamaian bukan kekuasaan.”

“Jadi ketua kelas bukan berarti haus akan kekuasaan kan sya? Lo cuma harus menjalankan tugas lo dengan benar.” Dia tetep tenang menjelaskan ke gue.

“Gue orangnya cuek..”

“Iya, gue tahu.. maka dari itu, belajarlah untuk sedikit peduli. Di dunia ini, lo gak cuma hidup sendiri…”

Oke, dan saat itu gue belajar jadi sesuatu yang bukan ‘gue.’ Beberapa bulan berjalan, dan gue mulai menikmatinya, temen gue yang dulunya cuma itu-itu aja, sekarang tambah banyak. Dan itu menyenangkan, sangat. Sampai saatnya gue sadar, ini bukan gue. Yang gue rasain selama ini cuma ‘hampa.’ Kekosongan. Menjadi sesuatu yang bukan elo itu rasanya kayak lo putus hubungan dengan hati lo. Lo gak lagi tau apa yang lo mau, gak lagi tahu apa yang hati lo mau. Lo cuma berbicara dengan logika lo, bukan hati lo. Dan gue ngerasain itu, sampai sekarang.

Pertanyaan seseorang ‘menyentil’ gue kemarin. Saat gue tanya nilai rapornya berapa, dan rata-rata dia berapa ada sekelumit perasaan takut kalo dia bakalan lebih baik dari gue, dan dia simply jawab. 81. “Masih jauh dibandingin elu.” katanya tenang banget, tenang. Sumpah. Terus dia lanjut bilang, “Apakah dengan nilai bagus itu berarti kita sudah menguasai seluruh materi? Nope.”

Yes, NOPE !

Gue jadi sadar. Gue cuma natap jajaran nilai 8 dan 9 yang tertera di rapor gue. Di kepala gue cuma terdengar suara-suara ‘apakah dengan nilai bagus itu berarti kita sudah menguasai seluruh materi?’

Gue dulu demen banget menggunakan cara-cara yang… errr.. sejenak gue lupa janji gue untuk gak menjadi ‘gue’ semasa SMP. Dulu, gue suka pake cara-cara yang kurang bijak untuk memperbagus nilai-nilai gue, entah itu nyontek ato simply deketin gurunya. Dan gue lebih suka cari muka di depan guru. Haha. Karena guru juga penyumbang nilai terbesar. Dan gue lupa itu, gue lupa.

Gue buka-buka lagi rapor gue waktu masih kelas satu. Dua nilai c dan rata-rata gue cuma sampe angka 80 dan gue gak peduli. Dulu gue gak pernah peduli. Waktu itu yang gue pikirin cuma, ‘yang penting apa yang udah gue dapetin, bukan angka-angka yang tercetak disini.’ Dan kenapa sekarang gue takut banget nilai gue kurang, kenapa gue takut banget tersaingi. Ini bukan gue! Bukan!. Apalah artinya ‘selamat peringkat 1’ yang tertera 3 kali di rapor gue. Useless… ini bukan gueee… bukaaannn.. Gue gak suka ini…

Sejenak gue teringat perkataan temen gue. “Sementara gue mencoba belajar cuek, elo malah belajar peduli. Dunia ini memang terbalik.”

Terbalik.. terbalik, gue merasa dunia gue emang udah terbalik.

Kemana statement gue yang dulu. “Beginilah saya, jika anda tidak suka ya itu masalah ANDA bukan urusan saya.”

Dan gue sadar “gue kesini, ada disini karena gue niat sekolah, bukan buat ngurusin urusan kalian.” Dan itu statement yang mengakhiri perdebatan gue dan temen-temen gue kemarin.

Kadang gue iseng-iseng nanya, kalian suka saya yang dulu atau sekarang. Dan rata-rata jawabannya hampir sama. “Dua-duanya suka, sama-sama gila, kocak.”

Sesungguhnya gak banyak yang berbeda dari gue yang dulu dan sekarang. Kalo dulu gue ada masalah atau lagi marah, gue cuma bersikap datar dan ekspresionless, tapi kalo sekarang gue lebih suka ketawa, dan mengaggap masalah itu gak pernah ada. Kalo gue lagi marah ama seseorang ya gue cuma nganggep orang itu gak pernah ada dan cengengesan ama temen-temen gue yang lain. Simple.

Bagi gue, arti peduli itu simple. Gak perlu banyak kata yang diungakpkan, gak perlu diperlihatkan yang penting dapat dirasakan. Kaya kentut. #plak

Kalo temen lo ngeluh sepatunya jebol, pas dia tidur, lo curi sepatunya terus lo lem, atau lo sol-in ke tukang sol sepatu terdekat lalu paginya lo taruh di tempat semula. Jadi pas dia bangun, dia liat sepatunya udah bagus. Gak perlu di beliin sepatu baru, yang penting dia meraskan arti kepedulian elu.

Kalo temen lo gagang kacamatanya patah, pas dia gak ada lo curi tuh kaca mata, lo lem pake lem alteko terus lo taruh dalem tas nya, dia pasti seneng banget pas dia liat kacamatanya udah bener. 🙂 dan hidup lo bermanfaat.

Kalo temen lo pekerjaan tangannya belom selesai dan masih banyak tugas yang harus dia selesaikan, lo suruh dia ngerjain tugasnya yang akan sangat lebih baik jika lo gak ikut campur ama tugas itu, terus elo curi kerjaan dia yang kiranya bisa lo kerjain dengan bener terus lo taruh di meja belajarnya dan paginya dia lega karena pekerjaannya udah beres semua.

Itu arti peduli menurut gue.

Cuek karena terlalu peduli emang gak selalu salah. Apapun asalkan gak munafik. Mungkin sesekali orang pasti khilaf. Tapi yang penting kita menyadari kesalahannya dan memperbaikinya. 🙂

“Just remember, the same as a spectacular Vogue magazine, remember that no matter how close you follow the jumps: Continued on page whatever. No matter how careful you are, there’s going to be the sense you missed something, the collapsed feeling under your skin that you didn’t experience it all. There’s that fallen heart feeling that you rushed right through the moments where you should’ve been paying attention. Well, get used to that feeling. That’s how your whole life will feel some day. This is all practice. None of this matters. We’re just warming up.”

~Sasyaa95~

Advertisements

5 thoughts on “Paradigma antara cuek, peduli dan sok peduli.

  1. ehm…..
    sasya tu salah satu org yg menginspirasi ak.dlm berpikir,berpandangan hidup,melihat sesuatu dr sudut lain.
    saat kepedulian itu.yg ternyata sebenar’x itu bkn kta.tp sesuatu yg baik knp harus dberhentikan dgn alasan itu bkn kta.
    apakah suatu kebaikan yg kta lakukan hanya ingin mendapat respon dr org saja?
    apa yg kta tanam itu pula yg akan kta petik.

    *ngomongapasih*
    ah poko’x ak suka sikap kepedulian yg sasya jabarkan d atas.

  2. cie sasyaaaa.. Hahaha
    *komentar macam apa ini
    Ini judulnya apa deh? *intip ke atas..
    Cuek, peduli, sok peduli..
    Gue hasil 33nya tuh.. Hahaha
    Gue punya 33na dlm diri gue dan bs muncul ssuai sikon2 yg mengharuskan gue bersikap spt itu..
    Gue bs cuek ama hal2 yg ga penting dan ga bermanfaat buat gue..
    Bisa sok peduli ama ssuatu yg sbnerna ga penting2 amat dan cm buat nyenengin org.. Bkn brati muna, tp kdg ada org2 yg buruh dgituin..hehe
    Dan bs peduli ama ssuatu yg wajib dpeduliin..
    Gue prnh ngerasain situasi kyk lo.. Jaman gue muda..haha rasanya sama.. Dan sdikit bnyak situasi kyk gt jd pelajaran berharga buat kedepanna kok 😀

Tunjukkan gigimu.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s