Fenomena Fanwar


Gue yakin, lo lo udah pada familiar sama judul di atas. Plis, jangan tanya gue yang namanya fanwar itu siapa, anak mana, umurnya berapa, jenis kelamin bahkan ukuran sepatunya. Karena jujur, gue juga gak tau.. haha..

Oke, mulai pada inti permasalahan. Sebagai K-Popers, kata fanwar pasti udah gak asing lagi di telinga kita.

Fanwar…

Akhir-akhir ini gue seneng jadi stalker di berbagai fanpage dari berbagai macam fandom yang berbeda. Awalnya, gue seneng-seneng aja gitu baca-baca history grup lain, sekalipun gue gak bener-bener ‘ngeh’ sama muka mereka satu persatu. Jujur, gue akuin gue emang SONE sejati dan itu udah telak dalam diri gue. Dan kalo gue udah fokus, gue cenderung lupa ama yang lain.

Saat-saat paling nyelekit, pas gue lagi menikmati bahan bacaan gue, eh tiba-tiba ada bash yang nyempil di komenan, mana dia bash SNSD lagi. Oh My God… gue sebagai fans yang setia pada idol-nya, jujur gue marah besar. Gue gak terima dong, idola gue di-injek-injek kek begitu. Saat itu gue kepikiran buat bales mereka, pengen banget, tangan gue udah kegatelan pengen nabok tuh orang.

Pas gue lagi mikir, eh ternyata ada salah satu SONE yang bales nge-bash mereka. Awalnya, gue seneng rasanya ada seseorang yang berada di pihak gue di FP itu. Tapi pas gue baca tulisannya, pikiran gue langsung berbalik 1800. Gue gak setuju sama dia.

Well, dia emang nge-bash SNSD, tapi apa perlu kita sampe bales ngebash idol mereka juga?

Seseorang pasti punya alasan kenapa sosok itu di jadiin idolanya, bukan-kah begitu sodara-sodara??

Gue punya alesan kenapa gue pilih SNSD sebagai idola gue, dan itu HAK ASASI gue #angkat spanduk. Begitu juga dengan mereka, gue yakin mereka punya alesan kuat untuk mengidolakan sosok tersebut.

Nah, kalo gitu kenapa kita saling nge-bash? Bukankah lebih asik jika kita saling membantu.

Jujur, sebagai seorang SONE sejati, sejak gue resmi jadi bagian dari SONE tiga tahun yang lalu, gue sama-sekali gak pernah bash idol lain. Kalopun ada yang ngebash SNSD, gue bales dengan nge-bash mereka, bukan idol mereka.

Lagi juga, perasaan idol-nya oke-oke aja tuh, fans-nya aja yang kegatelan pengen ngeksis, sok-sok bela idola mereka dengan cara hina (red:bash)

Why?

Karena gue yakin, semua orang pasti berjuang buat jadi idola. Bahkan, Cherry Belle dan Smash yang notabene-nya udah jelas-jelas Plagiat kelas kakap. Mereka pasti usaha kan buat jadi terkenal, cuman ya tergantung seberapa besar usaha mereka.

Gue akuin, selama 17 tahun gue lahir di dunia ini, gue cuman pernah jijik sama GB dan BB yang bertebaran di Indonesia, apalagi yang udah berbau-bau Korea.

Tapi, pas gue baca salah satu pernyataan dari rekan gue, katakan saja bernama (Blah) .Dia mengatakan “Dulu, saat GB dan BB belum bertebaran di Indonesia, kita pada ngerengek sambil ngedumel, ‘kapan ya… Indonesia bisa kayak Korea, ada drama dan grup band yang keren-keren kaya mereka’ dan saat DO’A kalian terkabul, kenapa kalian justru ngata-ngatain mereka kek begitu?”

Dan itu bikin gue berpikir ulang tentang masa-masa silam, saat gue lagi tergila-gila banget sama SNSD dan SJ, karena gue juga sempet punya pemikiran kek begitu. Mak Jleb banget kan…

Dan dari situ gue bisa menarik kesimpulan bahwa memang, sebagai manusia kita gak pernah merasa puas dan jarang bersyukur dengan apa yang udah kita punya.

Sejak saat itu, gue mulai mencoba berpandangan positif tentang semua hal…

Gue hapus kata ‘benci’ dalam kamus gue #makin gak lengkap aja nih kamus

Dan gue ganti kata itu dengan ‘gak suka’ ketambahan ‘gak peduli’ #buat lengkapin kamus gue, haha

Dan kalo gue gak suka sama sesuatu, gue emang cenderung gak peduli, mau dia jungkir balik kek, masuk jurang kek, jebur sumur kek, bodo amat. Ngaruh gitu sama hidup gue? Haha #sadis

So?

Tapi seenggaknya gue lebih terhormat daripada mereka yang ngaku ‘benci’ tapi nge-bash sana-sini.

Cari-cari detil kesalahan mereka, sampe ke akar-akarnya. Kadang, gue rada sensi sama orang macem gini, gak ada kerjaan laen apa selain mantangin Antis mereka? Ngakunya SONE plus Chiters, tapi saben harinya mantangin CB di layar kaca, trus ngapdet status tentang kekurangan-kekurangan mereka. Rada curiga juga, apa mereka emang benci ato justru sebaliknya? Mending kalo dapet duit.

Kayak sendirinya PD nyanyi didepan kamera dengan pose-pose menyebalkan kek begitu, mending kalo seksi, imut, tampang oke. Nah, kalo engga, mupeng dah lo.

Jangankan di depan kamera, maju di depan kelas ato panggung kecil-kecilan aja gak jarang yang kagok sampe ada yang kencing di celana. Haha LOL

Setelah gue usut punya usut, selidik punya selidik..

Emang bener kata orang kalo yang namanya BENCI dan CINTA emang tipis banget bedanya.

Dari situ gue mulai sadar, mereka pake label SONE dan Chiters itu cuman buat nutupin ke-gilaan mereka pada CB, ckckc… menggelikan.

Mereka cuman takut, mereka bakalan jatuh hati sama CB, karena ego dan gengsi mereka yang selangit. Bayangin, kerenan mana antara jadi SONE ama Twibi?

Dan kemudian, kita balik lagi ke atas #puter mata.

Masalah FP di fandom lain, gue rasa mereka ngebash SNSD juga alesannya gak jauh-jauh dari si SONE abal rangkap Chiters itu.

Mereka cuman takut jatuh cinta sama SNSD, that’s all.

Semua perang itu gak akan pernah selesai kalo gak ada pihak yang mau ngalah…

Jaman sekarang, mana ada sih pihak yang mau menurunkan ego mereka untuk saling memaafkan?

Gue lebih seneng nempatin diri gue sebagai seorang ‘reader’ dan ‘viewer’ ketimbang ikut andil dan berkecimpung dalam dunia kegelapan seperti itu.

Gue yakin gak bakalan ada ujungnya.

Kalo gue baca yang kayak begitu, gue cuman diem sambil ketawa.

Karena gue SONE, gue tahu betapa berharganya arti SNSD dalam hidup gue. Dan jiwa SONE gue gak bakalan terkoyak hanya gara-gara omongan bulshit macem gitu, such a nonsense

Gue tahu SNSD kayak gimana, karena gue SONE.

Dan karena mereka bukan SONE, mereka gak tau apa-apa tentang SNSD.

Dan terakhir, jika mereka ngaku dan nuduh mereka tahu SNSD, berarti mereka SONE yang sembunyi di balik nama fandom lain. Hahaha…

Itu pilihan mereka, pendapat mereka dan argumen mereka menjadi seorang anti fans. Dan kita harus menghargai perbedaan, karena perbedaan itu indah… jika kita mau menerimanya.
Masih inget kutipan ini gak, dari salah satu FF sasya.

Tak semua usaha yang dilakukan saat pertama dapat membeledak di masyarakat. Berjalan dari nol, merangkak naik, berusaha, berjuang, bertekad kuat, dicaci, dihina, dipuji, diagungkan. Semua itu hal yang seharusnya ada dalam perjuangan. Semua butuh perjuangan… benar… semua butuh usaha…”

 

Setuju gak setuju, semua terserah masing-masing karena ini pendapat gue sebagai seorang SONE berusia 17 tahun yang masih sangat labil.

Semua punya pendapat masing-masing dan gue gak maksa kalian buat percaya sama pendapat gue. Sekian dari Sasya, salam S 🙂 NE~ Proud to be the part S♥NE

By : Sasyaa95

51 thoughts on “Fenomena Fanwar

  1. Huaaaaaa,,, pas banget sasya bahas yang kaya beginian..

    kemaren gue juga emosi sama yang namanya fanwar ini,, aduuuhhh kalo liat fandom2 jaman sekarang udah pada di salah gunain,, mereka join ke sebuah fansclub cuma biar bisa nge bash fandom lainnya,, ckckckckk… #geleng2 #elusdada -__-

  2. Edan donk.
    Ak manggut” baca ni article.
    Ak jd ngerasa bersalah kemaren udah comment ‘parah banget’ salah satu article tntang leuttek yg gak mau kehilangan popularitas’x d twitter.jujur ak nulis gtu spontan.pas balik k fb.ternyata tmn deket ak cassielf. beneranlah ngerasa bersalah bgt.
    Ak jg klo liat fp gtu cm liatin n geleng” kepala doank.soal’x bahasa mereka tuh parah bgt.aduh mereka ngebash ampe segitu’x.
    Paling gak suka ma fans ababil yg baru seumur toge udah ngebash bb lain.haduh ==”
    Mending kta bergembira dgn fandom kta masing” drpd ngebash bb ato gb lain.

  3. s7 bgt chingu ma tulisan’y..
    n soal CB aq jg skrg gtu..aq gk benci..tpi gk suka n gk peduli..
    :))
    *ju2r aq sk bbrp lgu’y

      • hehhe
        soalnya aq tipe org yg masih ngehargai “karya”…
        gk suka orgnya bukan brarti hrs gk suka karyanya juga…
        n aq emang suka dgn lagu2 yg liriknya itu kya..yah bermakna gtu deh…
        mkanya aq msih ngedengerin lgunya mrk tpi klo liriknya mnurut aq bgs..hhehe

        n mungkin jg chingu udh tw, klo aq jg gk suka sm “blue” tpi aq jg msih ngedengerin lgu2 mrk kok..klo itu emang mnurut aq bgs..
        :))

  4. hahaha setuju sanget hahklu kita ngebash mereka apa bedanya kita sama mrk?
    total q emosi berat saat mereka ngebash tapi q udah sadar q udah 18thn udah kudu mikir dewasa,
    walaupun kadang d fb q masih sering nyinder mereka, cz biar mereka tau rasax jadi kita.
    masalah CB seh q gak masalah q cma menyesal paling aku cuma nyanyi “Kamu cantik cantik dari mananya?”
    sebenarnya q gak pernah fanwar sama fans chibi q malah sering sama kpoper yg antis sone haha
    tpi q gak pernah balik ngebash idol mereka, q masih punya ati

    yah fanwar seperti ini lah
    fandom SM gak pernah damai

    • hehehe…
      smua org kan punya pandangan masing-masing, dan tulisan diatas cuman berdasarkan pandanganku doang sih…
      mungkin pernyataan gw ini ada bnernya kali ya

      ” semakin banyak seseorang disukai dan dikagumi orang lain, semakin banyak pula orang yang iri dan membencinya… itu sudah merupakan hukum alam 😀 “

  5. hummm jadi ingat perjuangan snsd dulu sebelum debut. kan mereka dibenci banget sama elf,, gara-gara kedekatan snsd sama suju padahal snsd pengen bisa ikutin dan mewujudkan mimpi suju juga yang notabene leader dari grup sm entertainment yang udah nganggep snsd tuh adek-adek mereka,, secara satu grup gitu harus saling dukung and berfikir positif untuk bisa maju demi kesuksesan yang gak mudah dicapai..

  6. guys, kasih pengertian dan ajak mereka dengerin lagu korea yang lembut dan energik buat para anti kpop to pecinta bb & gb lokal, kita kasih penjelasan tentang kebaikan korean people yang sama dengan budaya kita, budaya bangsa yang ramah. kenapa kita bisa suka kpop karena korean people banyak menyelipkan kata-kata penyemangat dan filosofi yang ngena banget bagi kita dan simfoni merdu yang dinyanyikan oleh kpop tuh beneren bisa ngebuat hati kita seperti nano-nano sesuai dengan lagu yang kita perdengarkan untuk mereka. noh keluarga, sahabat, pacar, mertua, bahkan musuh gue ajah yang awal mulanya hate korean people(apapun itu) sekarang jadi lover korean people.. kita mengkritik anti kpop to pecinta bb & gb lokal pun harus dengan kepala dingin seperti kita ngejelasin sama junior kita yang binun mau masuk jurusan apa sewaktu kuliah to sekolah yang bagus..

    intinya kita yang sudah bertahun-tahun menikmati korean people harusnya lebih berani untuk mengajarkan kebaikan yang bisa kita lihat dari kejelekan orang lain, hayo kita belajar tersenyum dan bersabar, Semangat,,Fighting \(゜ロ\)(/ロ゜)/

    • ahaha, kalo menurut aku seh semua itu kembali ke orang-nya masing2.. hehe.. kita gak bisa maksain seseorang buat suka sama sesuatu kalo mereka emang gak suka… hehe… ada pro pasti ada kontra.. dan itulah dinamika kehidupan ^^

  7. ehhh tante satu ini akhirna bikin beginian..
    Mmm.. Aku tuh ngejadiin fanwar hiburan sbnerna.. Lucu baca komen2 mrk. Jarang sampe bner2 panas sih.. Tp sempet agak panas pas MAMA 2011, isi TL-ku cacimaki Soshi smua. Aku sampe log out twit.hehe
    Betewe, gue suka CB ;p *dengan catatan..
    tanpa sdikitpun bandingn CB ama Soshi.. Karna percuma dibandingin..hehe
    So, fanwar itu fase lagi.. Fase kelabilan menuju dewasa.. Jd maklumi aja.. 😀

  8. nah, aku jadi pingin curhat dikit.. Dari awal aku liat SNSD udah jatu cinta ama mereka.. Sampai di suatu saat.. Aku baca postingan buruk tentang mereka sebenernya aku bener2 engga perca tentang postingan2 buruk itu.. Tapi orang2 di sekeliling aku.. Seakan memaksa aku buat ngejauhin mereka.. Yah aku coba buat suka ama yang lain.. Tapi tetep ajah aku engga bisa jauh dari snsd.. Dan akhirnya Aku tetap menyukai mereka diam-diam.. Hingga semakin lama aku semakin tak bisa menutupi rasa suka ku pada SNSD apa lagi sama Taeyeon.. Dan sekarang aku malah menikmati ajah sentilan2 itu yang cuman bisa membuat ku tertawa dalam hati.. Karna aku yakin itu engga bener…

  9. nah, aku jadi pingin curhat dikit.. Dari awal aku liat SNSD udah jatu cinta ama mereka.. Sampai di suatu saat.. Aku baca postingan buruk tentang mereka sebenernya aku bener2 engga perca tentang postingan2 buruk itu.. Tapi orang2 di sekeliling aku.. Seakan memaksa aku buat ngejauhin mereka.. Yah aku coba buat suka ama yang lain.. Tapi tetep ajah aku engga bisa jauh dari snsd.. Dan akhirnya Aku tetap menyukai mereka diam-diam.. Hingga semakin lama aku semakin tak bisa menutupi rasa suka ku pada SNSD apa lagi sama Taeyeon.. Dan sekarang aku malah menikmati ajah sentilan2 itu yang cuman bisa membuat ku tertawa dalam hati.. Karna aku yakin itu engga bener….

  10. dan yang ngebuat aku bener2 marah, saat fandom2 sebelah bilang cewe engga benerlah.. He lo.. Coba di fikir lagi untuk apa mereka berlatih mati2an jauh dari keluarga dari mereka muda selama bertahun2 kalo cuman mau jadi cewe kaya gitu bisa di bayangin donk gimana tersiksa’a mereka.. Mereka engga punya talenta.. Aku rasa yang komen kaya gitu cuman orang modal bacot engga punya modal buat sekedar nyari bukti sebelum bicara dan engga mau modal buat streaming acara2 uri Soshi yang bener2 nunjukin begitu banyak kemampuan mereka.. Mereka bilang cuman pamer tubuh dan paha.. He lo.. Tau sendirikan banyak Girl band lain yang penampilan’a lebih dari itu.. Malah menurut ku penampilan uri Soshi lebih tertutup ko apa lagi makin kesini..

    Yah segitu dulu aja deh takut bablas kalo lanjut..wkwk

    • hehehe.. seperti yang saya bilang diatas…
      semua orang pasti punya pandangan masing2 tentang suatu hal… dan kita gak bisa maksain seseorang buat suka sama sesuatu kalo mereka emang gak suka… ^^

      • setuju tuh banyak girl band korean yg sensasional dlm berpakaian melebihi SNSD,, mereka mah dewi yang jatoh dari surga karena dunia ge gersang, ahahahahaha..

      • kalo menurutku, semua itu gak penting… yang penting talenta dan bakat yang bener2 mereka miliki… ato setidaknya mereka berusaha untuk mempunyai nilai lebih buat kita para fans… betul..?? hehe

  11. Hadehhhh…
    Bner kta kmu chingu,mnding klo ngbash t ada untung ny,ni gak gak tau apa2 tpi pda sok ngbash …

  12. Hadehhhh…
    Bner kta kmu chingu,mnding klo ngbash t ada untung ny,ni gak gak tau apa2 tpi pda sok ngbash,udh kyk yg pling bner aja..

  13. HIDUP SNSD
    HIDUP SONE
    #demodidepandubeskorea
    yah.. dulua ku aja malah jadi antis, tapi sekarang udah kembali ke jalan yang benar. hehehe
    setuju sya, aku juga suka bete sendiri kalo ada yang ngejelek-jelekin SNSD. tapi aku berusaha se-obyektif mungkinlah, kalo emang ga bener pasti aku bela, tapi kalo masih abu-abu, aku mending diem dan malah ngebales bash itu dengan kata-kata yang nyemangatin SNSD, soalnya, api kalo dibales api bakal jadi makin gede kan, aku harap SONE semuanya jadi fans yang cerdas, fans yang ga ababil dan yang pasti setia lah.. hehehe
    GOOD JOB deh buat sasya 😀

  14. Pingback: Love is Hard Part 18 « SOSHI FANFICS 9

  15. jujur unn, sebelum baca tulisan ini aku suka banget sama yang namanya “fanwar”
    tapi aku ngga ngebash fandom laen, yg aku lakukan hanya membela bias aku dari org” syirik itu.
    tapi setelah baca ini mata hatiku jadi terbuka #ceileehh
    setelah dipikir” betol jg yg unnie blg, itu ngga ada untungnya –”
    memang rasanya saakit saat bias kita dihina, tapi untuk kedepannya aku akn leih sabar…
    “aku yang bernama Mela berjanji pada diri sendiri ngga akan ikut FANWAR lg” 😉
    Thanks Sasyaa Eonnie sudah membuka mata hatiku :*

    • sippo (?) syukur deh, tulisanku berguna bagi orang laen^^
      just be your self saeng^^

      yang tahu SNSD hanya SONE, dan karena mereka ngaku mereka SONE berarti mereka gak tau menahu ttg SNSD, ya toh .. hehehe 😀

      • yupz setuju banget unn XD
        setelah aku itung” ngga ada gunanya juga fanwar, yang ada bkin capek pikiran aja –”
        capek mikir buat ngebales omongannya ..

  16. Waah.. Bner nih sya.. Mgkn awl’a aq emank chitters, ampe karank jg msih,, tpi kalo ngebash sih,, aqu gk mw iqut”an..
    Kmaren wktu d fb smpet ada yg ngebash soshi,, blg soshi bginilah, bgitulah.. Tdi’a aqu jg mw ngebalez mreka tuh,, tpi stelah ngliat bbrpa tmen” SONE yg udh ngebalez dlwn, aq mndingan mndur aja dh,, gk mw iqut”an,, trserah mrekalah mw blg apa.. Lgipula yg nma’a idola juga mnusia, dan gk ada mnusia yg smpurna,, jdi ya inti’a msalah fanwar aqu gk trlalu pduli,, bkn brarti mnjadi SONE yg sjati itu dgn iqutan fanwar,, tpi gmana qt bsa mnjaga nma baik idola qt,, ya, kyk pepatah,, anjing mnggonggong kafilah brlalu.. 😉

  17. WALL OF TEXT ALERT!!!

    Tentang haters…
    Sekilas memang haters yang memancing fanwar itu bikin bingung. Ngapain ngurus sesuatu yang dibenci. Kalo ga suka, ya ga usah peduliin. Tapi mungkin saja haters itu dapat kepuasan sendiri saat ngeliat GB/BB yang dibenci itu melakukan suatu kesalahan/kekeliruan/kejelekan (di mata mereka).

    Pola pikir mereka bisa jadi seperti ini: Idolaku lebih baik daripada idolamu -> berarti aku lebih baik daripada kamu. Ini bisa jadi confidence boost buat para abg labil yang memang lagi gamang2nya. Makanya ga heran kalo pelaku fanwar itu kebanyakan ababil 😛

    Tentang bashing ke SNSD…
    Kalo dulu pas awal suka SNSD sempet panas ati gara2 baca berbagai bashing di forum/twitter/fb. Tapi semakin kesini dan semakin mendalami Soshi, aku makin sebodo. Sebagai SONE yang notabene lebih tau tentang Soshi daripada orang di luar fandom, aku cuma ngakak aja sama bashing2 yang ada karena itu jelas2 ga bener. Semakin bashing mereka malah semakin kelihatan sok tahunya.

    Tentang Chiters…
    Ini nih yang bikin aku facepalm. Apalagi karena banyak Chiters yang ngaku SONE. Huh… Apa SONE jadi2an itu lupa susahnya Soshi di awal debut? SONE tahu bagaimana sakitnya kalo idola kita dibashing, makanya kita juga ga perlu nge-bash idola orang lain.

    Ga ada aturan yang menyatakan GB dengan member 9 orang cuma boleh Soshi. Konsep dari Soshi ditiru karena jelas konsep tersebut sukses. Dan memang terbukti kan? This is business after all. Setelah terkenal, mereka bisa pelan2 membuat identitas sendiri yang berbeda dari Soshi. So haters, go away!

  18. Wkwkwk. . .fanwar ya ?
    wah jd inget dulu pas prtama kali jd sone dan search google trus nemunya blog2 yg isinya tntg oplas snsd di lengkapi(?) dgn bashing lengkap bgt dah -,-
    marah bgt !! sempet ngebales bbrapa komen mereka cuma sy jg gk smpe mencac* mak* sih , wkwkwk dulu kan msh ank kcil xD
    eh lama2 baca2 bashing mereka+komentar sone yg ngebales jd lucu sndiri. ketawa2 gj sndiri . skrg mnrutku klo lg suntuk ya baca aja fanwar yg pnuh dgn sling membashing xD
    mnrutku jg klo g suka y udah gk usah peduli,gk usah urusin! ckup aja tw kita gk suka sama mereka! Gk usah

  19. setuju bgt ama tulisan ini 🙂
    Gak ada gunanya ngeladenin orang2 yg suka ngebash idola kita, cuman bikin cape hati & pikiran. Ada untungnya jg sih aku gak terlalu aktif di sosmed jd aku gak pernah tuh ikut-ikutan perang ama fandom lain, walaupun aktif tetep gak mau ikutan jg hehe…
    Memang yang sangat disayangkan tuh yg satu management tapi malah musuhan terus 😦

    Akhir kata, prinsipku sejak menjadi SONE :
    Kita semua punya idola masing2 jd sebelum kita ngebash idola orang lain coba tempatin diri kita jadi orang itu, kita pasti gak terima kan kalo idola kita dihina jd mendingan gak usah deh. Daripada cape2 ngebash idola orang mendingan cape nontonin perform idola kita, cape nungguin ngedonlot video2 & ngumpulin foto2 idola kita, walopun cape yg penting bisa hepi 😀

  20. jjur aj aku orgnya g suka fanwar , tp aku g trlalu suka ma elf . karna menurutku mrka fans yg lebai , ada idol cwe dkt ama mrka lsg di bash . kea kmrn mrka tampil dimucore , sj fto brg tvxq fx ma TTS . tp TTS yg dibash . di kira sone seneng kali snsd dkt ma sj tp di bash trs , ada kalanya sy ngarep snsd ma sj thu g usa di samakan karna mrka beda . ujg”nya yg kna bash psti uri soshi . tp aku ud ckup sbar apa yg ud elf lakuin , cth , bash TTS winner @20’s choice award, ttg snsd nyogok , dan plg parah thn 08 yg g perlu di sebut . kadang aku mkir jd snsd + sone itu g gampang , harus xtra sabar + kepala dingin . tp aku bkal trs jd sone walopun di bash gmnapun , karna snsd yg ud bkin aku brubah dr aku yg dl , 1syair snsd yg mencerminkan aku skrg “SNSD to makes my life COMPLETE” ^^
    Proud to snsd , proud be a sone !!

    • jujur, aku kurang suka ama statement kamu ttg elf yg lebai, krn gak semua elf itu lebai. aku dulu pernah jadi elf dan sampe sekarang mungkin, orang2 disekitarku juga banyak yg elf. kita semua hidup dalam damai, karena gak ada yang mulai, dan kalopun ada yang mulai, gak ada yang ngebales…
      c… kalo mrk say apapun ttg snsd.. jus let it pass…
      gw yakin.. lama2 mereka pasti sadar sendiri dan gak ada gunanya bash snsd, coz gak ada yang saling balas membalas-baku hantam dan sebagainya. ^^

  21. setuju banget sama kamu chingu 🙂
    kalo dipikir2 buat apa coba mereka ngebash sana sini, ngehina2 soshi*mskipun bkn cm soshi yg srg kena kyk gtu* pdhal mreka tuh bkn fans dr GB or BB tuh, emank ap untungnya coba nyari2 kesalahan org laen ??? bwt apa mereka selalu nyari2 sesuatu ttg GB or BB yg mrka bnci setiap hari yg akhir2nya bkal mrk jlek2in, ada untungnya ?? nggak lbh enak mantengin idol msg2 apa dr pd ngelihat BB or GB yg mreka blg mrk bnci ??
    mereka ngomong kalo snsd tuh oplas, snsd tuh GB yang ga ada sopan santunnya ga ada talentanya, mereka cuma modal tampang tp ga ad kemampuan ??? what ??? emank mereka punya bakat gitu, punya tampang keren gtu ??? blm tntu khan
    so, bwt ap mrk ngelakuin hal sia2 n ga brguna kyak gtu kalo memang mrk bkn fans dr snsd
    cuma buang2 waktu n tenaga aja

  22. Setuju banget sampe sasya eon , tulisan ini sumpah bener pake banget!!
    sampe terinspirasi sama ini tulisan , buat apa sih ya ngabash idola cuma buang2 tenaga aja.. harusnya sebagai fans yang dan setia itu gak harus kayak gitu ngebash idola lain supaya idolanya yang paling sempurna , aku sama kaya eon sasya kalo ngebaca begituan cuma bisa ketawa dalem hati^^ aku suka eon sama tulisanya .. fighting!!

  23. gue setuju banget gak da gunanya balas bash dengan bash(pa lagi balas bash idolnya balik) buang waktu
    tapi jujur gue gak nyalahin orang yang mengkritik atau nge bash(gue bahkan ngerasa kayak hiburan yg lucu).cuman gue paling gak suka klo udah bilang oplas,fisik ama bilang klo cewek murahan,memamerkan tubuh taw apapun yang mirip gitu plus ngomong segala jenis hewan dan semacamnya.
    ya klo udah oplas ya mau diapain lagi mau dibalikin tu wajah?fisik klo da kayak gitu mau diubah?nanti malah makin di bash karna oplas,cewek murahan dll?plis deh itu konsep/tuntutan(gak mungkin kan mereka bisa nentuin sendiri),gue rasa mereka juga gk mw kali mamer2 tubuh(klo da yg mw pun bener2 wow deh)
    and klo deket ma artis namja / yeoja lain?hello? tidak bisakah mereka berteman?
    tapi mawu ampe bebusa ni mulut tetep aja semua org memiliki pemikiran masing2

  24. gue setuju banget gak da gunanya balas bash dengan bash(pa lagi balas bash idolnya balik) buang waktu
    tapi jujur (curcol mode:on) gue gak nyalahin orang yang mengkritik atau nge bash(gue bahkan ngerasa kayak hiburan yg lucu).cuman gue paling gak suka klo udah bilang oplas,fisik ama bilang klo cewek murahan,memamerkan tubuh taw apapun yang mirip gitu plus ngomong segala jenis hewan dan semacamnya.
    ya klo udah oplas ya mau diapain lagi mau dibalikin tu wajah?fisik klo da kayak gitu mau diubah?nanti malah makin di bash karna oplas,cewek murahan dll?plis deh itu konsep/tuntutan(gak mungkin kan mereka bisa nentuin sendiri),gue rasa mereka juga gk mw kali mamer2 tubuh(klo da yg mw pun bener2 wow deh)
    and klo deket ma artis namja / yeoja lain?hello? tidak bisakah mereka berteman?
    tapi mawu ampe bebusa ni mulut tetep aja semua org memiliki pemikiran masing2
    p.s:kita gk bisa nyangkal klo tipe fans itu banyak ada yang tergila2 banget ampe gak mau idolanya deket ma idol lain ma fans yang suka pairing2an plus fan yg suka pairing tapi cuma mw ada atu pairing (maksudnya a ya ama b gak mau ama c)

  25. trkdng aku jga ska ikut ambil andil dibnyak fp tpi itu krna aku suka berktkt abis ska ksel sma mreka yg seenaknya nyangkut pautin biasku distu, sbenernya aku udh sdar dri dlu kalo itu salah tapi yaaa namanya watak manusia,, makasih ne buat chingu yg udah ngbuka pikiran basher:):

Tunjukkan gigimu.

